RSS

Berita Ternak Sapi

11 Feb

SEMARANG & SEKITARNYA
10 Februari 2010
Lampaui Target, Bagi Hasil Penggaduhan Sapi Perah
SIDOREJO- Realisasi bagi hasil dari program penggaduhan sapi perah di Kota Salatiga mencapai 184 % dari target. Pada tahun 2009 ditargetkan Rp 95 juta, namun realisasinya mencapai Rp 175 juta.

Selain itu, populasi sapi perah gaduhan meningkat pesat. Saat ini sekitar 600 ekor, padahal saat dimulainya program pada tahun 2006 jumlah sapi yang disediakan hanya 50 ekor.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Salatiga, Ir Husnani MM, Selasa (9/2). “Kesuksesan pelaksanaan program tersebut tak lepas dari monitoring, serta pembinaan peternak dan pemberian bantuan pengobatan,” kata dia.

Tahun ini untuk Kota Salatiga ditarget Rp 120 juta untuk program yang sama. Penetapan target tersebut, didasarkan pada target tahun sebelumnya dan bukan pada realisasi target yang dicapai.
Pada tahun ini Distan juga berencana menambah jumlah sapi perah sebanyak 40 ekor yang akan digaduhkan kepada berbagai kelompok tani (Kelomtan) ternak yang ada.

Berat Badan

Untuk pengadaan sapi dilakukan sesuai dengan spesifikasi teknis, seperti lingkar perut, berat badan serta ada pengawas yang melakukan pemeriksaan sapi tersebut. Selain itu, disediakan pula anggaran Rp 150 juta yang dipergunakan untuk pemeliharaan kesehatan hewan ternak di Salatiga.

Husnani menjelaskan, untuk Kota Salatiga, sebagian besar bantuan sapi gaduhan ini diberikan kepada kelomtan ternak yang berada di Kecamatan Argomulyo. Hal ini disesuaikan dengan obsesi Pemkot Salatiga yang ingin menjadikan Kecamatan Argomulyo sebagai kawasan sentra peternakan sapi perah. Saat ini populasi sapi perah sekitar 8.000 ekor dengan kapasitas produksi susu rata-rata 7.000 liter/hari (H53-16)

sumber: http://suaramerdeka.com
sumber gambar : http://foto.detik.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 11, 2010 in Dunia Ternak

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: