RSS

Sayuran dari Merbabu Menembus Pasar Ekspor

29 Des

Sabtu, 26 Desember 2009 | 04:17 WIB

SEMARANG, KOMPAS – Produksi baby buncis petani di lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sebulan terakhir menembus pasar Singapura. Hal ini menguntungkan petani karena harga jual produk tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan harga pasar lokal yang hanya Rp 1.500 per kilogram.

Ekspor baby buncis membuka lapangan kerja bagi para perempuan. Mereka menjadi tenaga penyortir dan pengemasan dengan upah Rp 100-Rp 500 per kemasan. Eksportir berasal dari Jawa Timur. ”Kami sembilan kali mengirim ke Singapura. Saat ini 200 kilogram hingga 300 kilogram sekali kirim,” kata Ketua Kelompok Tani Tranggulasi, Desa Batur, Getasan, Pitoyo Ngatimin, Jumat (25/12).

Lahan baby buncis mencapai 6 hektar, tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Getasan. Jumlah ini akan meningkat karena petani lain tertarik. Eksportir bersedia menyerap lebih banyak. Bahkan, mereka mendapat tawaran memasok brokoli, sawi putih, bayam jepang, dan kol untuk Singapura.

Untuk itu, petani diminta menjaga kualitas. Semua proses pertanian harus organik, mulai dari pupuk hingga obat hama. Mereka hanya menerima baby buncis berukuran panjang maksimal 14 sentimeter.

”Harganya menguntungkan karena stabil. Biasanya saya tanam brokoli, tetapi harganya tidak tentu,” kata Harto Slamet (51), petani Dusun Selo Ngisor, Batur.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Jawa Tengah Aris Budiono menyatakan, sebagian produk hortikultura Jateng sudah layak ekspor. Namun, dia menyayangkan masih belum banyak eksportir hortikultura asal Jawa Tengah sehingga produk pertanian banyak dipasarkan melalui provinsi lain. (GAL)

http://cetak.kompas.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 29, 2009 in Berita Pertanian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: